Selasa, 09 November 2010

Kerajinan Khas dan oleh-oleh Sukabumi

Aku mau bagi-bagi informasi tentang kerajinan dan oleh-oleh khas sukabumi.semoga info ini bisa menambah pengetahuan anda tentang Sukabumi.

Bagi anda yang mengunjungi kota sukabumi jangan lupa untuk membeli dan melihat kerajinan khas yang di hasilkan oleh kota ini. banyak sekali kerajinan unik seperti kerajinan tanduk,kayu, batu aji,bambu, meja dan kursi dari akar,kaca patri,logam,wayang golek dll . belum lagi oleh-oleh makanan dan minuman khas seperti manisan buah ,sirup pala,kerupuk ranginang,enye,bandrek jahe,gula aren,keripik pisang atau buah buahannya seperti manggis,duren,sawo,pisangnya yang terkenal manis dll.


Dinas Perindustrian juga menyediakan tempat khusus untuk pemasaran kerjinan dan oleh-oleh khas sukabumi ini bahkan jika anda ingin mengunjungi dan melihat pabrik pembuatan oleh-oleh dan kerajinan nya pun dinas perindustrian atau pun perorangan  bisa memberikan pelayanan tersebut.

KERAJINAN TANDUK





Kerajinan ini sangat unik sebab terbuat dari tanduk kerbau yang bisa di ukir sehingga menghasilkan bentuk yang menarik mulai dari bentuk ikan ,burung,penggaruk,sendok,garpu,sisir,gantungan kunci dll. bahkan pemasarannya pun sudah menembus pasar Jerman. Negara ini memesan kerajinan tanduk untuk dijadikan bingkai kacamata Rodenstock. terakhir menurut pengelola kerjinan ini Jerman memesan sebanyak 1 kontainer. banyak negara lainpun yang memesan dan berminat pada kerajinan ini seperti Australia,Jepang dan Korea. namun karena keterbatasan sumber bahan baku, tidak semua permintaan bisa di penuhi. harga nya pun terbilang murah mulai dari Rp. 5.000,-/pcs nya sampai Rp. 350.000,-/pcs tergantung dari bentuk dan besar kecilnya barang.



KERAJINAN BATU 




Kerajinan batu  bisa ditemui di daerah Sukaraja Sukabumi. bentuknya pun bermacam-macam mulai dari  bentuk telur,kura-kura cincin,gelang,kalung,bebek,ikan,mangkuk,piring,gelas dll. yang pasti jangan sampai anda tidak membeli kerajinan ini jika anda datang ke Sukabumi untuk bekal oleh oleh teman maupun kerabat anda.

KERAJINAN BAMBU


Kerajinan bambu juga bisa anda dapatkan di kota sukabumi. dengan harga terjangkau jadikan kerajinan bambu ini sebagai souvenir yang unik. dengan harga dan bentuk yang indah dan menarik seperti tas,tutup meja makan,kursi ,kapal laut, lampu dll  pasti akan menambah indah pemandangan di rumah anda. banyak juga turis asing yang datang menyukai dan membeli kerajinan bambu ini.


KERAJINAN KAYU


Kerajinan kayu juga dihasilkan disini. bentuknya pun bervariatif mulai dari meja,kursi,talenan ,cobek,wayang golek,gantungan kunci,tempat sendok,lampu tempel dll

MAKANAN DAN MINUMAN KHAS SUKABUMI




Banyak sekali jenis makanan dan minuman yang dihasilkan oleh sukabumi seperti Moci dengan aneka rasa, Bandrek jahe,madu perhutani,manisan buah(pala,belimbing,pepaya,ceremai dll), kerupuk ikan marlin,dendeng belut, sirup pala,sirup bunga rosela yang menyehatkan, dll.
untuk mendapatkan semua produk diatas anda bisa menghubungi saya melalui telp/WA: 081299244205

Ok mungkin sekian dari saya pokoknya jangan lupa untuk datang berwisata ke sukabumi yang asri,indah dan akan memberikan kenangan manis buat anda semua.
wassalam...

16 komentar:

  1. ok sama2 ... met berkunjung ke sukabumi ya...

    BalasHapus
  2. selamat malam bu.
    boleh minta nomer pengrajin .
    kerajinan tanduk.batu dan bambu.
    tolong infonya
    thannx

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kerajinan sukabumi di kelola oleh dinas perindustrian sukabumi dan aku mencari informasi kerajinan disana. mungkin bisa langsung tanya ke galerinya yg beralamat di cisaat sukabumi

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. dan bisa kirim ke email saya.
    info@dsignworkshop.net

    BalasHapus
  4. Mantap ni bu, terima kasih atas share infonya salam dari http://www.majuin.com

    BalasHapus
  5. Mantep mba artikelnya. :)

    Jangan lupa berkunjung ke blog saya ya, hehe

    http://inisukabumi.blogspot.com/2014/02/kampung-adat-sirna-resmi-kecamatan.html

    BalasHapus
  6. Daerah penggalian/ penghasil batu palih mana ya

    BalasHapus
  7. saya sedang melakukan penelitian ilmiah mengenai kerajinan khas sukabumi,kalo boleh dari kerajinan yang anda post saya mau tau almat lengkap,no tlp,serta nama pengusaha dari kerajinan tersebut,kalo diperkenankan silahkan kirim ke email majidhalimah2@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  8. Asslkm mba Halimah mhn maaf br sy bls krn sdh setahun lebih ini sy fokus merawat bapak sy yg sdng sakit keras. Jd sy jrng buka blog sy. Utk info lbh lengkap ttng produk kerajinan Sukabumi silahkan menghubungi langsung galeri nya d nmr 0266 211577. Trmks

    BalasHapus
  9. mba mau tanya, kalo pngen beli wayang golek di sukabumi di mana yah..

    BalasHapus
  10. langsung ke galerynya aj mas FIKRI MOCHAMAD YOGI P.S.D. ,di Cisaat tlp 0266 211577. sorry jrng buka jd br bls

    BalasHapus
  11. langsung ke galerynya aj mas FIKRI MOCHAMAD YOGI P.S.D. ,di Cisaat tlp 0266 211577. sorry jrng buka jd br bls

    BalasHapus